Dampak Membiarkan Bunga Es Terlalu Lama Menumpuk!

17 Maret 2023 11:44
Penulis: Supriyanto, kamutau
Bunga Es menumpuk terlalu lama

Sahabat.com - Bunga es merupakan fenomena membekunya uap air dalam kulkas. Seringkali keberadaan bunga es pada kulkas hanya dibiarkan saja sampai menumpuk, baru kemudian dibersihkan. Terkadang keberadaan bunga es itu tidak disadari dan tahu-tahu sudah menumpuk banyak di dalam freezer sehingga udara dingin dan daya tahan kulkas dapat berkurang kualitasnya. 

Penting diketahui bahwa sebenarnya membiarkan bunga es terlalu lama di kulkas hingga menumpuk memberikan beberapa dampak negatif.

Berikut adalah beberapa dampak negatif pada kulkas terbaik yang disebabkan oleh bunga es.

1. Berkurangnya Kapasitas Kulkas

Terlalu banyak bunga es yang terkumpul pada kulkas akan membuat kinerja kulkas tidak optimal. Dampak pertama yang terasa adalah kulkas menjadi sempit, khususnya pada bagian freezer karena bunga es akan membentuk lapisan tebal di dinding-dindingnya.

2. Kesulitan Mengelola Isi Kulkas


Sumber image : elektronikterbaru2017.wordpress.com

Penumpukan bunga es yang parah dapat membuat Anda kesulitan menyusun makanan yang akan disimpan di dalam kulkas. Anda pun akan mengalami kesulitan ketika mengambilnya.

3. Bahan Makanan Lebih Mudah Busuk


Sumber image : gugelblo.blogspot.com

Dampak negatif lainnya yang disebabkan oleh penumpukan bunga es adalah proses pembusukan makanan yang lebih cepat. Bunga es yang menumpuk dapat menutupi selang yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin ke dalam kulkas terbaik. Hal ini akan berakibat udara dingin tidak bisa mengalir ke dalam kulkas sehingga makanan yang tersimpan akan lebih cepat busuk.

Oleh karena dampak-dampak negatif tersebut, penting bagi Anda untuk melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan itu dapat berupa pembersihan secara rutin, khususnya pada bagian freezer. Adapun jika kulkas Anda terlanjur dipenuhi bunga es, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebagai tindakan pembersihan. Apabila kulkas terbaik Anda memiliki fitur defrost, berikut adalah langkah-langkahnya.

Kosongkan freezer secara keseluruhan. Jika Anda kesulitan karena bunga es yang menumpuk terlalu banyak, maka Anda bisa menunggu sebentar. Tunggu hingga bunga es sedikit mencair dan Anda lebih mudah untuk mengeluarkan laci, tatakan, serta rak yang ada di dalam freezer.

Jika freezer sudah kosong, atur suhu kulkas pada level yang paling tidak dingin agar bunga es segera mencair. Adapun jika Anda menginginkan untuk menghemat listrik, Anda bisa mematikan kulkas untuk mencairkan bunga es dengan catatan isi kulkas sedang tidak penuh. Selalu ingat untuk membiarkan pintu kulkas tetap terbuka ketika melakukan proses ini.

Bunga es yang mencair lantas dapat Anda alirkan keluar melalui selang. Untuk mencegah bunga es yang berceceran, Anda bisa meletakkan handuk yang dibasahi air panas dalam kulkas. Manfaatnya adalah mempercepat proses pencairan bunga es. Anda juga bisa menyediakan tempat atau wadah agar air yang keluar tidak berceceran ketika dibuang keluar.

Gunakan lap kering untuk mengelap dinding-dinding freezer. Lap kering berguna untuk memastikan bahwa bunga es tidak ada yang tertinggal di sela-sela dinding.

Itulah langkah-langkah melakukan pembersihan bunga es. Jangan pernah sekali-kali membersihkan bunga es dengan menggunakan benda tajam karena dapat mengakibatkan evaporator rusak. Rusaknya evaporator akan membuat kulkas tidak bisa mencapai suhu dingin. Lebih aman melakukan pembersihan bunga es dengan fitur semi auto-defrost yang ada pada kulkas terbaik. Fitur tersebut akan mempermudah proses pencairan bunga es.

Sumber: id.sharp

0 Komentar

Berita Terkait

Keunikan Hewan Komodo

  • 1 bulan lalu
  • 0
  • 0
Leave a comment