Menghilangkan Bunga Es yang Menumpuk di Freezer Kulkas

17 Maret 2023 17:28
Penulis: Supriyanto, kamutau
Bunga Es

Sahabat.com - Hampir seluruh rumah tangga memiliki lemari pendingin atau kulkas. Fungsi lemari pendingin salah satunya untuk menyimpan makanan agar lebih awet. 

Namun problem yang terjadi pada kulkas biasanya sering munculnya bunga es pada freezer yang membuat sempit ruang penyimpanannya.

Lalu bagaimana cara membersihkan bunga es yang sudah terlanjur menumpuk? Dikutip dari beberapa sumber, berikut 4 cara membersihkan bunga es dengan mudah dan aman.


1. Cabut colokan listriknya

Cabut kabel yang menempel pada colokan listrik, lalu diamkan beberapa saat. Sambil menunggu bunga es mencair, keluarkan seluruh bahan makanan yang tersimpan di dalam kulkas agar tidak terendam atau terkena air dari bunga es yang mencair.

Kalau tidak mau mencabut colokan listriknya, bisa juga menyetel suhu freezer melalui pengatur suhu dengan menaikkan suhunya lebih tinggi.

Setelah bunga es mencair, bersihkan kulkas dengan menggunakan sabun atau bahan khusus untuk mencuci kulkas.

2. Tunggu bunga es mencair

Hindari mencongkel bunga es dengan benda tajam agar tidak merusak evaporatornya. Jangan sampai kulkas menjadi rusak hanya karena tidak sabar menunggu bunga es mencair.
 

3. Mengelap freezer hingga bersih

Setelah bunga es mencair, lakukan pembersihan pada freezer dan keseluruhan dalam kulkas hingga bersih. Gunakan lap yang bersih dan siapkan ember untuk menampung air dari bunga es yang mencair. Untuk membersihkan isi kulkas dan freezer bisa juga menambahkan baking soda yang dicampur dengan air.

4. Memerhatikan penyekat kulkas

Saat membersihkan kulkas, sempatkan untuk memeriksa kondisi penyekat kulkas, sekiranya masih bagus, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun pada penyekat kulkas agar lebih awet dan berfungsi maksimal.

Demikianlah beberapa tips menghilangkan bunga es pada kulkas dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment