Pernikahan Sejenis di Lombok Batal usai Identitas Mempelai Wanita Terbongkar

13 September 2023 19:04
Penulis: Ramses Manurung, kamutau
Ilustrasi pernikahan/ist

Sahabat.com-Warga Desa Jago, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) digegerkan dengan kejadian pernikahan sejenis. 

NS warga setempat dikabarkan nyaris menikahi kekasihnya, MZ alias NE yang ternyata seorang laki-laki. 

Namun rencana pernikahan akhirnya dibatalkan setelah identitas mempelai wanita terbongkar. 

Terbongkarnya identitas MZ terjadi saat keluarga NS datang ke rumah MZ. Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan sejati selabar atau permohonan pernikahan dan juga penetapan mahar.

Proses nyelabar merupakan salah satu tahapan proses dari tradisi perkawinan suku Sasak Lombok, setelah mempelai wanita dibawa ke rumah pengantin pria. Dalam proses ini, keluarga mempelai pria memberikan kabar pada keluarga mempelai wanita, bahwa si anak (perempuan) sudah menikah.

Namun, saat itu keluarga mempelai wanita justru kebingungan pada saat mendapatkan kabar. Nama orangtua MZ sesuai, tetapi keluarga pria tersebut tidak mengenal perempuan berinisial NE.

Baca juga: Pria di China dapat Bonus dari Pemerintah Jika Menikah dengan Wanita Muda

Keluarga MZ menyebut bahwa pihaknya tidak mempunyai anak perempuan bernama NE. Diketahui, MZ sudah berlaku feminin sejak kecil.

Kepala Dusun Bunsalak II, Desa Jago, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Toha menjelaskan MZ sempat meminta mahar kawin kepada NS. Mahar tersebut yakni berupa emas 2 gram, mengutip suaracom.

Toha menuturkan bahwa selama tinggal tiga hari di kediaman NS, MZ juga sempat ikut salat berjamaah di masjid. Bahkan beberapa warga yang melihat paras MZ tidak pernah menaruh curiga bahwa dia merupakan laki-laki.

NE (18). NE adalah warga Desa Krame Jati, Lombok Tengah.

Asip menjelaskan, kin NE sudah dipulangkan ke rumah keluarganya yang ada di Desa Krame Jati.

 

 


 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment